Selasa, 22 Mei 2012

Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012

Well, Hello readers..
Its been a long time, like two months i'm not posted anything.

I will begin with sharing my experience story.
Its started on 29 April 2012. When its my first day quarantine for the selection of "Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012"

i guess, i prefer too share in bahasa. hahahaha lol. 



Mungkin pembaca belom mengetahui apa sih Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012, mengapa pemilihan ini diadakan, apa visi dan misinya. berikut penjelasan singkat nya :

"Tujuan dibangunnya Pemilihan Putri Wirausaha Kreatif, diantaranya mempromosikan produk hasil karya UKM Indonesia di dalam maupun luar negeri melalui Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Ikut berpatisipasi dalam mendukung program pemerintah dalam sosialisasi kewirausahaan, menjembatani pengembangan diri perempuan-perempuan indonesia yang muda, cantik, dan pintar serta mendukung program pemerintah dalam berbagai acara.

Putri Wirausaha Kreatif yang terpilih akan menjadi icon generasi muda yang fokus pada pentingnya kewirausahaan mandiri untuk diri sendiri dan masyarakat. Putri ini diberi tugas untuk membantu, mensosialisasikan, mengajak, mendorong dan memberikan gambaran kepada para wirausaha muda untuk mengembangkan kreatifitas, inovasi dalam bidang usaha."  (http://eljohnnews.com/category/Pageants/pemilihan-putri-wirausaha-kreatif-2012-digelar-ayo-segera-daftar)


Setelah melewati audisi pada tanggal 21 April 2012 di Gedung AA Maramis, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. Tanggal 28 April 2012 pukul 4 sore tepatnya gue mendapat telepon dari EL JOHN bahwa gue masuk menjadi finalis Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012. Shock - seneng - speechless udah pasti jadi ekspresi gue saat itu. apalagi keesokan harinya langsung hari pertama karantina.





29 April 2012
Adalah hari pertama masa karantina dimulai. Tibalah gue dan seluruh finalis di Hotel Mecure, Ancol. Sejak datang pada pukul 08.00 pagi kegiatan karantina langsung dimulai. Ga dikasih napas lohhh, hehehe. Pembekalan demi pembekalan dimulai dari pagi hingga malam.  Namun sangat disayangkan pada hari pertama karantina kondisi badan gue sedang ga fit, sehingga harus minum obat berkali-kali demi mengembalikan kondisi badan, sampai-sampai sementara yang lainnya sedang enjoy mendengerkan pembekalan yg diberikan, gue hanya dapat setengah berkonstentrasi akibat badan yg ngga fit. huuuuuhhhh! how its a shamed.
And the days end at 23.00
Pembekalan yang disampaikan oleh berbagai pakar sangatlah inspiratif, mulai dari :
1. Pembekalan KEMENKO Perekonomian RI
2. Pembekalan EL JOHN Indo
3. Beauty Class
4. Wanita Wirausaha sbg Inspirasi by Maudy Koesnaedi
5. Koreografi




30 April 2012
Hari kedua karantina, dimulai dari pembekalan yang dimulai pukul 08.00 pagi. Bermodalkan minum obat dimalam sebelumnya demi melancarkan hari ini. Alhasil, bangun telat gara-gara banyaknya konsumsi obat yang bikin rasa kantuk yang super. Walaupun hanya telat setengah jam, tetap saja telat judulnya. hehe sorry for the unfit condition. Tapi bersyukur setelah mengkonsumsi obat, hari kedua karantina ini berjalan baik. Kali ini gue sangat berkonstrasi dalam menerima pembekalan yang diberikan.
hari kedua pembekalan kali ini adalah :
1. Pembekalan by EL JOHN indo 
2. Pembekalan Personality/ Etika oleh RUNWAY- Dessy Arnas
3. Public Speaking oleh RUNWAY - Harsya Subandrio
4. Pembekalan oleh PPM - Bpk Aries Heru
5. Pembekalan Kementrian Koperasi & UKM
6. Pembekalan KEMENPAREKRAF
7. Penilaian oleh dewan juri dari EL John

Hari kedua adalah hari yang sangat melelahkan. Gimana ngga, acara yang dimulai sejak jam 8 pagi ini berakhir pada jam 00.30 malam nontstop. Tetapi apalah artinya rasa melelahkan itu kalau banyak banget pengetahuan yang gue dapetin dari pembekalan yang diberikan. Jujur aja sebagai kaum awam dalam dunia wirausaha, gue langsung dapet banyak banget pelajaran untuk bagaimana menjadi wirausaha muda yang kreatif, yang dapat membangun lapangan kerja sendiri, menyukseskan mikro ekonomi bangsa, bagaimana meningkatkan UKM yang ada di bangsa kita agar lebih maju lagi, bukan hanya dimata indonesia, melainkan untuk di mata International. Sungguh pengalaman yang luar biasa.





1 Mei 2012
Adalah hari terakhir karantina sekaligus malam Final dari pemilihan Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012. Hari terkahir ini hanya diawali dengan breakfast kemudian langsung menuju lokasi untuk Final diselenggarakan yaitu di Grand Auditorium Universitas Bunda Mulia, Ancol. Sesampainya dilokasi GR pun langsung dilaksanakan, mulai dari GR koreografi hingga runthru acara. Acara final dimulai pada pukul 20.00 wib.














Well, meskipun gue akhirnya tidak memasuki 10 besar. Namun menjadi Finalis Putri Wirausaha Kreatif Indonesia 2012 saja sudah merupakan kebanggaan tersendiri dalam diri gue. Karena banyak sekali pengalaman yang didapatkan dalam masa karantina yang tergolong hanya sebentar. Dan misi yang akan gue bawakan sebagai salah satu finalis, yaitu turut membantu pemerintah khususnya Kemenko perekonomian RI, Kementrian Koperasi & UKM, KEMENPAREKRAF dalam menyukseskan mikro ekonomi di Indonesia, dan membangkitkan UKM yang ada di negara kita, serta membangun motivasi bagi masyarakat indonesia, khususnya kaum muda indonesia agar tidak ragu menjadi seorang wirausahawan, wirausahawan yang kreatif :)




Thank you for my family for support me :)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar