Minggu, 15 November 2015

M A A F

Maaf.
Sebuah kata yang terkadang sangat susah diucapkan, namun kadang mudah juga untuk diucapkan. Sangking mudahnya, terkadang manusia melupakan nilai atau makna yang terkandung dalam kata "maaf". Seseorang terlalu sering mengucapkan kata maaf mungkin sudah lupa apa nilai - nilai yang terkandung dibaliknya.

"maaf/ma·af/  1 pembebasan seseorang dari hukuman (tuntutan, denda, dan sebagainya) karena suatu kesalahan; ampun"

Mengucapkan kata maaf kepada seseorang adalah tanda bahwa orang tersebut mengakui kesalahan yang ia lakukan (apapun itu) terhadap lawan bicaranya. Kata maaf adalah sebuah bentuk ampunan yang diajukan oleh sang peminta kepada yang diminta maafkan. Biasanya seseorang melewati beberapa proses sehingga menyadari kesalahan yang ia lakukan dan memohon ampun dalam bentuk kata maaf kepada orang tersebut dengan harapan agar dimaafkan. Setelah dimaafkan terkadang orang lupa, bahwa makna maaf dan dimaafkan adalah bahwa sesungguhnya janganlah pernah melakukan hal yang sama kembali. Jikalau masih tetap saja dilakukan, apalah arti kata maaf yang pernah terucap?

Apakah kata maaf sekarang ini sudah mengalami pergeseran arti? apakah kata maaf hanya dijadikan sebuah kata untuk mempercepat proses dibanding diucapkan dari hati yang tulus?

Terlalu mudahnya kata maaf yang keluar dari mulut seseorang membuat orang tersebut lupa akan value dari kata maaf. sehingga yang ia tahu adalah, ketika ia berbuat salah , ia hanya akan berkata maaf dan masalah selesai. Ia lupa bahwa ia telah meminta ampunan kepada orang dimintai maaf yang berarti minta ampun dan menyesali akan perbuatannya.


Apapun kesalahan yang kita perbuat, berapapun besar kecilnya kesalahan yang kita perbuat sebagai mahkluk hidup yang bersosial, ada baiknya untuk tidak ragu mengucapkan kata maaf dan meminta ampunan. Namun, tidak melupakan makna dari balik kata itu sendiri. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar